Panoguan Solu Keindahan Danau Toba Wisata Humbahas yang Mempesona
pic by: instagram/@khamizulharahap

The Kaldera Danau Toba selalu berhasil membius wisatawan dengan beragam destinasi wisatanya yang indah. Mulai dari wisata alam, kuliner, hingga berbagai peninggalan sejarah etnis batak, semuanya bisa kamu temukan di Danau Toba.

Keindahan danau toba selalu membuat kita terhibur akan memandangnya. Disetiap sudut, danau toba tetap memancarkan pesona keindahannya yang mempesona. Sehingga tak susah untuk kita menemukan tempat-tempat yang indah tersebut. 

Jika anda ingin berlibur menghabiskan masa liburan kamu ke Kabupaten Humbang Hasundutan, anda harus wajib nih untuk datang ke tempat wisata pemandangan danau toba ini. 

pic by: instagram/@adeliamanullang

Lokasi Panoguan Solu

Objek Wisata alam ini berada di Kecamatan Lintongnihuta, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, objek wisata ini dinamakan Destinasi wisata Panoguan Solu.  Panoguan Solu merupakan sebuah puncak yang memiliki ketinggian sekitar 330 -2.075 meter di atas permukaan laut, dengan luas mencapai 40 hektar.


Daya Tarik Wisata Panoguan Solu

pic by: instagram/@meswita_fitriani_samosir

Destinasi Wisata Panoguan Solu merupakan sebuah Pemandangan danau toba yang dilengkapi dengan beragam jenis hiburan. 

Dipuncak Panoguan Solu anda dapat menyaksikan pemandangan danau toba yang begitu luas. Pemandangan yang diliputi oleh bukit barisan serta keindahan pulau sibandang yang menjadi inconik dari puncak Panoguan Solu ini. 

pic by: instagram/@rajarizkysitumorang

Selain akan pemandangan yang ditawarkan, di tempat ini juga terdapat Rumah Bolon yang mencerminkan budaya tradisional suku batak. 


Aktivitas Wisata Panoguan Solu

pic by: instagram/@nanacus

Selain menikmati keindahan alam danau toba. Ditempat ini anda bisa mencoba beragam spot foto yang hits dan kekinian. Seperti Rumah pohon, Perahu gantung, gapura cinta, dll. 

Buat anda yang ingin menghabiskan waktu cukup lama. Anda dapat mendirikan tendang tenda di sekitar kawasan bukit Panoguan Solu ini. 

Menikmati panorama matahari terbit, matahari terbenam, lengkap dengan kabut tipis yang mulai turun di hutan-hutan sekitar perbukitan.

Anda yang sedang melakukan sesi pemotretan pernikahan. Lokasi Bukit Panoguan Solu ini bisa kamu coba. Landskap danau toba yang indah, tempat ini dijamin gak akan membuat anda menyesal. View alam yang eksotis dengan mudah bisa anda peroleh. 

Setelah melakukan aktivitas wisata yang cukup melelahkan, tentu perut kita akan merasa gelisah. Menikmati kuliner yang tersedia beragam jenis serta harga yang ekonomis. 


Fasilitas Wisata Panoguan Solu

Untuk kenyamanan para wisatawan berkunjung, beberapa fasilitas di tempat ini juga nyaman dan memadai. 

  • Gajebo/pondok panatapan, tempat yang cocok untuk dijadikan lokasi istirahat sambil menikmati suasana sekitar.
  • Restoran kecil
  • Parkiran yang cukup luas
  • Toilet, yang sudah dilengkapi dengan air bersih untuk pengunjung. 


Akses Ke lokasi Panoguan Solu

Wisata Panoguan Solu ini dapat ditempuh dengan menggunakan transportasi umum. Waktu jarak tempuh akan memakan waktu sekitar 9 jam dari pusat kota medan. Aksesibilitas menuju lokasi sudah bagus. 

Lokasi wisata Panoguan Solu ini dekat dengan wisata Geo site Sipinsur, dan bakkara. Sehingga wisatawan puas dan mudah menjelajahi setiap wisata Humbang Hasundutan. 

Anda yang sudah kepo akan tempat wisata ini. Jangan lupa ajak keluarga tercinta kamu atau sahabat menghabiskan masa liburan kamu. 

Sekian ulasan list liburan kita kali ini. Semoga info wisata ini bisa bermanfaat bagi kita,kami berharap dan tentu pastinya liburan kamu  mengesankan dan menyenangkan..... Happy Holiday.....