Rute ke Lokasi Dolok Pottas, Wisata Negeri di Atas Awan Dolok Sanggul

Camping.my.id - Indonesia memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa. Dari sabang sampai merauke kita dapat menikmati keindahan laut, gunung, danau dan lainnya. Khususnya di sumatera utara kita dapat dengan mudah menikmatinya. Ada banyak destinasi wisata yang bisa kita kunjungi.

Dolok Sanggul, ibukota Kabupaten Humbang Hasundutan di Toba selatan adalah kota kecil yang patut Anda jelajahi. Betul sekali, Wisata Bukit Dolok Pottas. Terletak di pegunungan, dan diberkati dengan curah hujan yang tinggi, daerah ini dingin di malam hari dan  juga pada siang hari.

Lirik lagu Katon Bagaskara yang berjudul "Negeri di Awan" itu sangat populer di masyarakat. Bahkan judul lagu tersebut sering digunakan untuk menyebut kawasan dataran tinggi yang memiliki pemandangan yang indah.

Lokasi Dolok Pottas

pic by: instagram/@angelisimanullang

Seakan sedang berada di atas awan. Itulah yang dirasakan saat datang ke puncak Dolok Pottas ini. Objek wisata ini berlokasi di Desa Sihombu,Kecamatan Tarabintang, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara. 

Selain kita ketahui bukit Pusuk Buhit Samosir sebagai negeri diatas awan. ternyata di Humbang hasundutan juga memiliki spot yang indah,yang menawarkan sebuah pemandangan alam yang berada di atas awan. So buat teman-teman para pendaki tempat ini harus kamu coba datangi.

Harga Tiket Masuk Dolok Pottas

Bagi anda yang ingin menikmati pesona bukit ini, anda akan dikenai biaya adminitrasi. Namun, untuk harga tiket biaya yang dikenai terjangkau.

  • Harga Tiket: Rp5.000/orang
  • Namun untuk anda yang ingin camping biaya yang dikenakai lebih besar, tentu anda harus konsultasi dengan pihak pengelola. Agar kenyamanan dan keamanan saat anda camping dipantau pihak pengelola. Info lebih lanjut anda bisa hubungi Cp +6282164894791

Pemandangan negeri di atas awan dari sini bisa didapatkan di pagi hari sekitar jam 05.00 WIB hingga 07.00 WIB. Karena itu pengunjung disarankan untuk bermalam di puncak.

Keindahan Diatas puncak Dolok Pottas

pic by: instagram/@frans josua simamora

Di puncak bukit pottas ini, para pelancong akan disuguhi pemandangan indah hamparan lembah dan pegunungan yang hijau. Dipagi hari, pelancong dapat menikmati awan berarak bak sedang berada di negeri di atas awan. 

Pemandangan yang ditawarkan oleh Bukit Dolok Pottas saat pagi hari adalah seperti lautan awan. hamparan bukit barisan tinggi dan didukung oleh udara yang sangat asri.

Menikmati Sunset/Sunrise Dolok Pottas

pic by: instagram/@arnold_fd_malau

Menjelang malam, puncak bukit pottas ini akan semakin indah untuk dinikmati. Momen sunset yang sungguh jelas dan indah akan memanjakan matamu. begitu juga sebaliknya saat matahari terbit. Jadi saat kemari, jangan pernah lewatkan untuk menikmati momen sunset dari bukit ini.

Tips Wisata Dolok Pottas

Mendengar Dolok Sanggul, kita langsung tau seperti apa cuaca disana. Yup, cuacanya sungguh dingin, Apalagi di dolok ini memoliki ketinggian 615 mdpl. Tentu akan semakin dingin saat kita sampai dipuncak tersebut, dengan suhu sekitar 20 derajat celcius.

Jadi untuk itu, selalu gunakan pakian tebal bila kamu hendak mendaki ke puncak gunung Pottas ini. Apalagi kamu berasal dari kota yang cuacanya tidak sedingin tempat ini.

Rute Ke lokasi Dolok Pottas

Untuk menemukan Dolok pottas ini, kamu akan melintasi desa, Sampai menemukan pos Penjagaan. Di pos penjagaan sudah ada ranger yang terlatih siap menemani untuk sampai ke puncak.

Biaya jasa mereka hanya Rp25.000/orang. Mereka juga menyediakan perlengkapan tenda dengan tarif Rp80.000/malam. Nah yang buat kamu yang ingin menyewa jasa mereka untuk menemani kamu saat pendakian, Anda bisa hubungi nomor ini Cp +6282164894791

Untuk sampai ke puncak, pengunjung akan melintasi jalan desa yang berkelok dan tanjakan. Anda hanya perlu mendaki selama 30 menit dari desa. Selama pendakian, anda tak akan merasa lelah, karena anda akan menolehkan pandangan ke semua susut pandang, panorama epik tak henti disajikan. 

Bukit Pottas jelas layak untuk dikunjungi. Pemandangan alam yang luar biasa akan mencuri perhatian Anda. Dolok Sanggul adalah pilihan terbaik untuk menikmati keindahan Danau Toba. Kota yang belum ramai tapi masih cukup dekat untuk mengunjungi jantung budaya dan tradisi Batak.