Top Selfie Pinusan Kragilan

Salah satu wisata alam di daerah Magelang yang tidak kalah menarik dan wajib dikunjungi bagi para travelers saat berkunjung ke Magelang adalah top selfie pinusan Kragilan. Mendengar nama tempatnya saja mungkin sudah banyak yang menebak kalau tempat ini adalah tempat yang pas dan cocok untuk berburu foto terutama foto selfie. Tempat ini juga tidak jauh dari lokasi objek wisata Ketep Pass, maka dari itu sungguh sangat disayangkan kalau dilewatkan begitu saja.

Pemandangan yang ditawarkan top selfie kragilan adalah berupa pepohonan pinus yang rimbun dan rindang. Pohon pinus sendiri merupakan pohon yang biasa sering dijumpai di dataran tinggi atau daerah pegunungan. Yang lebih menariknya lagi adalah top selfie kragilang mudah dijangkau dan berada di pinggir jalan, serta sudah ada papan petunjuk bertuliskan Top Selfie Kragilan. Jadi para pengunjung tidak akan kebingungan mencari lokasinya.

Lokasi Top Selfie Pinusan Kragilan

Top Selfie Pinusan Kragilan

Top selfie Kragilan berada di desa Pogalan, dusun Kragilan, kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang Ada 4 rute yang bisa digunakan para pengunjung. Yang pertama melalui jalur alternatif Salatiga kemudian ambil arah menuju ke Kopeng. Setelah itu melewati jl.Magelang - Salatiga kemudian melewati Jl. Getasan dan melewati jl. Magelang - Salatiga lagi. Setelah itu melewati jl. Ketep Kopeng. Jarak antara jalur alternatif Salatiga hingga ke lokasi lumayan jauh, bisa sampai kurang lebih 30 menit perjalanan.

Saat melewati jl. Ketep Kopeng tepatnya saat melewati turunan tajam yang dikelilingi pohon pinus dan ada jembatannya berjalanlah pelan pelan karena habis tanjakan objek wisata top selfie berada di kanan jalan. Persis di tikungan. Yang berikutnya melalui Magelang kota dengan menggunakan rute jl. Soekarno - Hatta kemudian belok kanan di jl. Magelang - Salatiga. Lurus terus hingga sampai ke jl. Ketep Kopeng dan ikuti petunjuk seperti diatas.

Yang berikutnya menggunakan rute Boyolali melalui daerah Selo. Dari Selo ikuti jalan sampai ke persimpangan jl. Boyolali Blabak / Ketep Pass. Kemudian ambil arah ke atas dengan menggunakan rute jl.Ketep pass. Dari lokasi ketep pass objek wisata top selfie berada di kiri jalan. Yang terakhir adalah rute dari Magelang kota melalui daerah Mungkid dengan menggunakan rute Sawangan, tepatnya melalui rute jl.Boyolali Blabak. Ikuti jalan hingga ke Ketep Pass dan lurus terus objek wisata top selfie berada di kiri jalan.

Medan Top Selfie Pinusan Kragilan

Medan yang akan dilewati para pengunjung entah itu dari arah Magelang, Salatiga ataupun Boyolali sama sama menanjak dan berkelok tajam. Pastikan sebelum berangkat cek keadaan mesin kendaraan dalam kondisi prima dan siap tempur. Untuk menuju ke lokasi top selfie Kragilan pengunjung bisa menggunakan kendaraan motor atau mobil.

Setelah melewati gapura yang pengunjung akan ditarik tiket masuk. Tenang saja karena disini harga tiketnya tidak mencekik. Saat tim berkunjung kemari (30/01/206) pada hari sabtu hanya ditarik biaya sebesar Rp.3.000/sepeda motor. Harga yang sangat murah dan terjangkau pastinya. Bagi para pengunjung jangan dibuang tiket masuknya, karena tiket itu nantinya akan dicek oleh para pengelola parkir saat hendak pulang. Para pengelola parkir akan mencocokan plat nomor yang ditulis di tiket dengan plat nomor di kendaraan.

Dari lokasi pintu masuk objek wisata top selfie tidak terlalu jauh. Hanya melewati turunan dengan jalanan yang sudah bagus dan sampailah pengunjung ke lokasi. Setelah sampai ke bawah pengunjung akan dicarikan tempat parkir oleh pihak pengelola parkir. Tanpa perlu berjalan lebih jauh pengunjung bisa langsung mengabadikan moment disini.

Tempat yang paling diincar para pengunjung ialah jalan menuju ke lokasi parkir, seperti pada gambar diatas. Padahal jika ingin meng-explore wisata ini masih banyak view yang bagus. Seperti di jalan tanah liat di sebrang jalan lokasi parkir. Dengan melewati jalan ini pengunjung akan diantarkan ke lokasi yang tidak kalah menarik dengan lokasi parkir, walaupun temanya tetap sama. Yaitu hutan pinus.

Fasilitas Wisata Top Selfie Pinusan Kragilan

Di sisi sisi pepohonan pinus sudah mulai dikembangkan dan di bangun berupa tempat duduk yang nyaman. Sehingga para pengunjung yang mampir kesini bisa merasakan sensasi berada di kawasan hutan pinus yang rindang dan sejuk. Yang menarik adalah kawasan wisata ini berada di lereng gunung Merbabu, saat cuaca sedang cerah maka akan terlihat jelas pemandangan hamparan gunung Merbabu di dekat pintu masuk.

Adapun ujung jalan dari objek wisata ini adalah daerah perkampungan warga sekitar. Sedangkan fasilitas yang ada disini sudah ada :

• Mushola
  • Toilet
  • Tempat sampah
  • Kantin / warung makan
  • Lokasi parkir yang nyaman
  • Flying fox (Rp.10.000)

Bagi para travelers yang berkunjung ke objek wisata Ketep Pass tempat wisata ini bisa menjadi tambahan tujuan. Karena tanggung sekali jarak antara Ketep Pass dan pinusan Kragilan kurang lebih 15 menit. Sayang kan kalau tidak coba dikunjungi. Selain itu harga tiket masuknya juga terbilang murah.

Menurut salah seorang juru parkir tepat wisata ini baru saja dibuka tahun lalu (2015). Dan hingga saat ini para pengunjung juga semakin banyak. Jika di hari hari biasa pengunjung terbanyak didominasi para pelajar sehabis pulang sekolah.

Sangat ramai saat hari libur nasional atau hari minggu. Para pengunjung juga tidak hanya datang dari dalam kota. Banyak para pengunjung yang datang dari luar kota. Ini membuktikan bahwa objek wisata ini sudah naik daun. Semoga dengan semakin banyaknya para pengunjung yang datang tidak merusak keasrian lingkungan, sehingga objek wisata ini tetap eksis dan terjaga.