Eksplorasi Sipultak Hoda, Pesona Air Terjun Asri Tersembunyi di Bakkara
pic by : instagram/@nixoneltor

Camping.my.id - Ditengah- tengah banyaknya pilihan dalam menentukan tujuan berlibur, salah satu yang paling diminati adalah wisata alam. Wisata alam memang banyak sekali diminati karena menawarkan sensasi yang fresh dan sangat alami. Berwisata di alam memang akan sukses menyegarkan pikiran kita dan sejenak melupakan berbagai urusan.

Air terjun, pasti sudah tidak asing lagi bagi kita bukan? Yah Destinasi wisata ini memang sangat digemari oleh setiap kalangan. Dikarenakan hampir seluruh destinasi pemandian Air Terjun berada di kawasan dataran tinggi atau penggunungan. Sehingga wisatawan yang berlibur ke pemandian air terjun merasa puas,dikarenakan selain menikmati keindahan air terjun, para wisatawan juga berpetualang  menelusuri setiap keindahan alam sekitar. Air Terjun Sipultak Hoda namanya.

Eksplorasi Sipultak Hoda, Pesona Air Terjun Asri Tersembunyi di Bakkara
pic by : instagram/@nixoneltor

Air Terjun Sipultak Hoda terletak di Desa Tipang, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbahas, Sumatera Utara. Air terjun ini merupakan destinasi pemandian alam dengan kedalaman air sekitar 1 meter.

Air terjun ini memiliki 6 tingkat yang dimana sumber airnya berasal dari hulu sungai pada dataran tinggi Pollung. Debit air yang mengalir sangat deras menuju ke dua sungai, Yakni Sungai Sungai Aek Toba dan Sungai Aek Dolok.

Sungai Aek Toba mengaliri persawahan di bagian hilir hingga airnya jatuh ke Danau Toba, sedangkan Sungai Aek Dolok mengaliri persawahan di bagian hulu hingga airnya jatuh ke Danau Toba⁣.

Eksplorasi Sipultak Hoda, Pesona Air Terjun Asri Tersembunyi di Bakkara
pic by : instagram/@nixoneltor

Buat teman-teman yang ingin mencoba ke air terjun ini, kamu harus wajib yang namanya mandi, karna kalau cuma dating buat foto-foto doang gak bakal berasa deh nikmatnya, kalau udah mandi baru deh tau gimana nikmatnya menyatu dengan alam.

Air berwarna bening dan kebiruan ini akan membuat kamu tak sabar untuk mencoba nyebur dan langsung menikmati betapa dingin dan segarnya saat bermain air di Air Terjun Sipultak Hoda ini.

Eksplorasi Sipultak Hoda, Pesona Air Terjun Asri Tersembunyi di Bakkara
pic by : instagram/@arie_fft

Bukan cuman mandi, di kawasan di sekitar air terjun Sipultak Hoda ini juga bisa digunakan sebagai area camping ground, tracking dan lokasi pemancingan.

Bagi teman-teman yg mau berkunjung ke Air Terjun Sipultak Hoda,kami sarankan teman-teman harus ekstra hati-hati.. Soalnya akses tracking masih sangat alami belum ada jalan bagus yang di buka. Untuk mencapai air terjun utama harus melewati pinggiran tebing yang kalau tergelincir bisa langsung tercebur ke sungai. Tapi kalau hati-hati dan gak buru2kami yakin kalian bisa mencapai spot terbaik di air terjunnya.

Satu lagi nih info penting buat kalian yang ingin berlibur ke air terjun ini,apalagi tempat ini baru pertama kali kamu kujungi. jangan main masuk aja tanpa guide.kami menyarankan agar teman-teman yang berkunjung kemari membawa teman kamu yang sudah tau seperti apa tracking untuk sampai ke air terjun ini, atau menyewa guide. Untuk  Biaya guidenya murah kok. Bayar seikhlas saja dan tak kalah penting untuk jaga kebersihan dan tutur kata yang sopan.

Untuk mencapai lokasi Air Terjun Sipultak Hoda, rute perjalanannya dari -Siborong-borong-Dolok-Bakkara-Desa Tipang. Air Terjun Sipultak Hoda hanya berjarak sekitar 600 meter dari Jalan Raya Bakkara-Tipang dan sekitar 20 km dari Kota Doloksanggul.

Gimana pingin kemari? Sekian ulasan destinasi wisata alam kita kali ini. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita.