pic by: instagram/@adeumi.s

Camping.my.id - Kabupaten  Labuhan Batu Utara (Labura) merupakan salah satu kota yang bisa dikatakan sudah sangat familiar di masyarakat. Kota yang satu ini merupakan salah satu kota yang memiliki  karunia berupa pemandangan dan wisata alam yang cukup menakjubkan. Sebut saja Wisata Puncak Haumahela.

Puncak Haumahela merupakan objek wisata alam yang kini menjadi icon wisata kota Labura. Objek wisata ini pun hits dikalangan wisatawan lokal. Berhawa Sejuk dan tawarkan atraksi alam, Puncak Haumahela menjadi list wisata yang pertama anda sambangi jika anda berkunjung ke Labura.

Lokasi Wisata Puncak Haumahela

pic by: instagram/@fitrinainggolan_28

Objek wisata Labura ini berada di Desa Sibito, Kec Aek Natas, Kab Labuhan Batu Utara, Sumatera Utara. Wisata Puncak Haumahela ini memiliki bentuk sedikit unik dari puncak lainnya yang ada di Labura. 

Saat datang pertama kali ke tempat ini, Maka anda akan kaget sejenak saat ingin menaiki puncak bukit Haumahela ini. Terdapat puluhan anak tangga yang siap menunggu anda naiki untuk sampai ke puncak tersebut. 

Jika dilihat dari bentuk, salah satu objek wisata alam Sumut ini sedikit mirip dengan wisata Tangga Seratus yang ada di Kota Sibolga.  Dengan adanya anak tangga tersebut, wisatawan yang datang berkunjung ke tempat ini lebih terbantu dari pada mendaki tanpa ada tangga seperti ini. 

Puluhan Anak tangga tersebut pun di desain semenarik mungkin, agar terlihat lebih menarik untuk wisatawan, dan memang iya, wisatawan pun sangat antusias untuk berfoto-foto.

Panorama di Atas Wisata Puncak Haumahela 

pic by: instagram/@instagram/@_dika_sanjaya

Daya Tarik pertama adalah udara segar dan bebas dari polusi, Memang sebelum menikmati itu semua, anda perlu menaiki anak tangga yang cukup melelahkan. Namun perjuangan seperti ini pastinya bakal menjadi momen yang seru saat kita melakukannya bersama keluarga ataupun bersama teman. 

Setibanya di puncak, rasa lelah akan terbayar lunas !. Nuansa wisata alam puncak yang kental dengan atmosfir sejuk benar-benar hadir. Pesona tersebut menciptakan ketenangan alam di tengah perbukitan, dengan nuansa menyejukkan dipadati tumbuhan hijau. 

pic by: instagram/@sifapohan

Diatas Puncak tersedia spot untuk bersantai, Sembari bersantai anda semakin rileks dengan pemandangan latar belakang lereng bukit dan lembah yang sangat jelas.

Ragam Spot Foto Wisata Puncak Haumahela

pic by: instagram/@adeumi.s

Tak hanya alamnya saja yang menggoda, beberapa spot foto yang didesain unik juga memberikan keindahan sendiri. Di spot foto tersebut para wisatawan bisa mengabadikan momen berswafoto sepuas-puasnya, sembari menyaksikan panorama cantik yang terhampar luas di mata. 

pic by: instagram/@anisatribuana

Lantaran Spot berfoto menjadi daya tarik lebih dari salah satu tempat wisata di Labura ini, maka kebanyakan wisatawan yang datang lebih tertarik mengexplor wahana spot foto yang tersedia. Semua wahana tersebut sangat lah unik dengan pemandangan latar belakang perbukitan dapat dipotret dengan jelas. 

Sunrise dan Camping Wisata Puncak Haumahela

pic by: instagram/@potretlabura

Udah pasti kalau di puncak bisa menikmati momen sunrise maupun sunset. Momen seperti ini paling ditunggu-tunggu bagi penikmat langit senja. Puncak Haumahela sangat cocok dikunjungi buat kamu yang ingin menikmati keindahan matahari terbit dari atas ketinggian. 

Aktivitas camping juga bisa untuk dilakukan di puncak Haumahela. Di pagi hari awan akan menyelimuti hamparan lereng bukit di puncak ini.

pic by: instagram/@laburaku

Tiket Masuk Wisata Puncak Haumahela

Soal Retribusi untuk bisa memasuki dan menikmati panorama alam di puncak dan wahana. Wisatawan tentu akan dikenai biaya. Mengenai harga tiket masuk bisa dikatakan cukup murah dan sangat layak untuk dikunjungi.

Harga Tiket Normal: Rp5000/orang - 10.000/orang

Rute ke Lokasi Wisata Puncak Haumahela

 

Medan- Kab Labura - Jl Lintas Kelok Labura menuju ke Desa Sibito, Kec Aek Natas. Sesampai di Tugu Kec Natas, anda tinggal mengikuti arus jalan lurus. Sekitar 200 meter, anda akan menemukan simpang sebelah kiri menuju ke Puncak Haumahela. 

Dari simpang masuk tersebut, sekitar 100 meter untuk sampai ke puncak Haumahela tersebut. Untuk transportasi anda dapat menggunakan transportasi roda dua.

Ada banyak lokasi yang bisa dijadikan alternatif setelah mengunjungi Wisata Puncak Haumahela. Mulai dari Pante Monyet, Pante PIS, Pante Goa kembar sampai Goa Kaca/Tangkahan Lobu di Meranti Omas. Ada juga Pulo Bisky, Goa Honong, Turunan Jaugan, terjun pelangi, Pante Orosan di desa Simonis.