Keasrian Air Terjun Nirwasa Aek Songsongan Asahan Bikin Kangen

Keasrian Air Terjun Nirwana Aek Songsongan Asahan Bikin Kangen - Air terjun merupakan lokasi wisata yang diinginkan banyak orang untuk dikunjungi. Mengunjungi air terjun dapat membuat kita menghilangkan kepenatan karena rutinitas dan aktivitas sehari-hari. Preview, suara alam, bebatuan, dan percikkan air dari air terjun nyatanya mampu merefresh tubuh dan pikiran yang penat karena beban pekerjaan dan lain-lain.

Kabupaten Asahan harus dikatakan sebagai kabupaten wisata karena di penjuru daerahnya menyimpan banyak sekali potensi wisata alam. Untuk diketahui bahwa air sungai yang mengalir di asahan berasal dari Danau Toba. Air dari ketinggian danau toba itu mengalir hingga ke hilir laut melintasi daerah Kabupaten Asahan yang memiliki kontur yang tidak rata. Tak heran kemudian banyak lokasi wisata alam nan asri di Kabupaten Asahan. Salah satunya sebut saja Air Terjun Nirwana.

Air Terjun Nirwana berada di Kecamatan Aek Songsongan Kabupaten Asahan. Membutuhkan waktu hingga 4 jam dari Kota Kisaran untuk sampai di Air Terjun Nirwana dengan menggunakan kendaraan roda dua. Medan yang dilalui cukup sulit untuk mencapai lokasi air terjun. Termasuk tanjakan yang cukup curam dengan jarak lebih kurang 100 meter, juga tracking menurun yang hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki. Tapi tenang saja rasa capek dan letih selama perjalanan akan terbayar lunas ketika kita sampai dan menikmati keindahan air terjun ini.

Begitu sampai di lokasi air terjun,  kita akan langsung disuguhkan boleh gugusan bebatuan alam yang memikat.  Tampak juga seonggok batu yang disinyalir merupakan bangunan bekas zaman penjajahan jepang dulu.  Air terjun Nirwana tidak terlalu familiar sebagai lokasi wisata alam yang umum  dikunjungi oleh kalangan masyarakat. Hal ini mungkin karena medan yang dilalui cukup  sulit atau boleh jadi karena suasananya memang sangat asri sehingga terkesan sunyi dan mencekam.

Ya apapun alasannya, tentu ada baiknya juga untuk menjaga keasrian air terjun.  Karena memang di sana belum ada warning sign atau imbauan untuk tidak membuang sampah sembarangan.  Walhasil walaupun belum dikunjungi banyak orang,  kita dapat dengan mudah menemukan sampah plastik di area bebatuan maupun sepanjang perjalanan tracking.