pic by: instagram/@yudheo_aprido & pic by facebook/derhana geri purba

Humbang Hasundutan di Toba Selatan adalah daerah yang patut Anda jelajahi, Jika anda mencari list tujuan wisata, daerah ini bisa kamu kunjungi mengisi masa liburan kamu dengan opsi wisata yang tepat. Wisata Seribu Gua Banuarea misalnya.

Berada di dataran tinggi dengan panorama bukit barisan yang mempesona, Selama didalam perjalanan tentu menambah pengalaman liburan yang mengesankan dengan panorama alam yang mempesona. Udara yang dingin dan sejuk, bakal membuat siapapun merasa segar jika berada di daerah tersebut. 

Tak perlu heran jika anda berlibur ke daerah ini tidak menemukan opsi objek wisata di Humbahas ini. Melainkan ada banyak destinasi wisata yang sangat-sangat rekomendasi untuk kita kunjungi, Seperti Tombak Sulu-sulu Sisingamangara I, Panoguan Solu, atau butuh yang penuh tantangan, di Humbahas sendiri juga ada, yakni Dolok Pottas Negeri di atas Awan. Intinya liburan ke Humbahas gak bakal bikin kalian nyesal deh.

Wisata Seribu Gua Banuarea

pic by: instagram/@andyvaunk

By the way, ada lagi nih objek wisata yang dibuka pada tahun 2020 silam, Cuman baru-baru ini viralnya, menjadi tujuan wisata baru bagi pengunjung wisatawan, baik wisatawan lokal maupun non lokal yang datang ke tempat ini. 

Sesuai dengan judul kita diatas, pasti dari sebagian kita, tentu ada yang udah tahu dan udah berkunjung ke objek wisata ini, dan ada juga yang belum tahu. Untuk anda yang belum sama sekali tahu Gua Banuarea ini, salah satu objek wisata di Sumut ini bisa menjadi opsi wisata baru kamu setelah berkunjung ke Goesite Sipinsur.

Lokasi Wisata Seribu Gua Banuarea

pic by: instagram/@dorgistra_siregar

Untuk lokasi Gua Banuarea ini, objek wisata ini dapat kamu temui di Jalan Pariwisata No.1, Desa Banuarea dekat perkampungan lumban Marbun(simbo), Pakkat, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara. 

Gua ini berada di kaki perbukitan Dolok Pinapan. Waktu tempuh menuju lokasi,Gua ini berada sekitar 7 km dari Pusat Kota Pakkat dan akan membutuhkan sekitar 40 menit perjalanan. Sekitar 44 km dari Pusat Kota Doloksanggul, ibukota Kabupaten Humbang Hasundutan sekitar 2 jam perjalanan.

Untuk mempermudah menuju ke lokasi, berikut google maps dan rute yang bisa anda gunakan di dalam maps saat dalam perjalanan anda. 

Daya Tarik Wisata Seribu Gua Banuarea

pic by: instagram/@seribugua_banuarea

Memiliki potensi wisata yang masih natural. Anda yang berkunjung bakal terkagum-kagum dengan daya tarik wisata yang ditawarkan. Selain itu, didalam gua ini juga terdapat sebuah air terjun yang membuat tempat menjadi unik bagi para wisatawan yang berkunjung.

Air Terjun Pinapan Banuarea di Wisata Seribu Gua Banuarea

pic by: instagram/@singsesihotang

Daya tarik objek wisata Gua Banuarea ini bakal membuat wisatawan sangat senang dengan tujuan wisata ke tempat ini. Apalagi dengan adanya Air Terjun Pinapan Banuarea. 

Gemericik Air terjun yang jernih seakan-akan memecah kesunyian alam yang dikelilingi oleh hutan hijau dan bebatuan berukuran raksasa. Di kejauhan, terdengar suara satwa bersahut-sahutan yang kian menambah keeksotisan wisata alam yang masih cukup genuine.

Aktivitas Wisata Seribu Gua Banuarea

pic by: facebook/frengky pakpahan TheBlues

Salah satu objek wisata alam yang dapat memberikan pengalaman baru dan menantang adalah wisata alam gua. Kita akan melihat pemandangan yang sangat berbeda dengan dunia di atas tanah. Meskipun keadaannya gelap tapi kita bisa melihat keindahan misterius bumi, seperti sungai bawah tanah, air terjun, stalaktit dan stalakmit. Selain itu, kita juga bisa melihat banyak satwa dan aktivitas mereka di dalam gua.

Saat menelusuri dalam gua, anda akan disambut keindahan super natural dari alam , berjalan di bawah batu besar panjang yang bagian bawahnya sangat datar dan alunan air sungai yang sangat jernih dan bersih ditambah dengan fenomena batuan stalagtit dan stalagmitnya yang luar biasa. Akan menambah pangalam wisata kamu yang seru saat berlibur ke gua ini. 

Fasilitas Wisata Seribu Gua Banuarea

pic by: facebook/yuni manurung

Akses menuju lokasi Goa Banuarea sudah ditata dengan baik oleh Desa Banuarea bersama Pokdarwis. Sudah ada beberapa pondok dan toilet yang mereka bangun secara swadaya. Dekat pintu masuk aja sudah ketemu Goa/ Liang Jabi Jabi.

Sebagai Catatan

Untuk anda yang ingin menelusuri Gua ini, kamu gak usah takut. Karena sudah ada pemandu yang udah betul-betul tahu akses saat menelusuri di dalam gua, serta membawa kamu ketempat yang unik dan indah saat beepetualang menelusuri Gua Banuarea ini. 

Untuk harga pemandu, tarif biaya nya tidak mahal-mahal banget kok,yang sampai membuat kantong dompet anda tipis. Cukup dengan harga Rp15000/orang, anda udah bisa menelusuri gua sambil berfoto-foto dengan ditemani oleh pemandu. 

Jadi untuk harga tiket masuk wisata ini gratis. Pengunjung wisatawan tidak akan dipungut biaya untuk memasuki lokasi wisata alam Gua Banuarea ini. Jika anda berkunjung ke gua ini ditarik tiket masuk, mungkin ketentuannya sudah berubah.