Pantai Tanjung Bayur, Asiknya Tempat Camping di Balikpapan

Satu lagi destinasi liburan di Kota Balikpapan yang dalam satu tahun terakhir mulai marak didatangi masyarakat Kaltim ialah di Tepi laut Tanjung Bayur yang berada jalur Mulawarman, Gang Swadaya, Kelurahan Tritip, Balikpapan Timur.

Di posisi tepi laut Tanjung Bayur ada 5- 6 hotel yang diatur berbeda- beda ialah Lembayung, Srikandi, Amara, Dolphin, Sunrise serta Duyung. Tiap- tiap mempunyai satu sampai 2 vaviliun serta sebagian tenda camping untuk pengunjung tiba menginap. Pemilik ialah masyarakat Balikpapan. Ini rekomendasi yang bagus untuk glamour camping (Glamping) untuk tempat camping di Balikpapan.

Wisatawan dapat menikmati suasana tepi laut dari pagi sampai malam hari dengan sarana yang komplit. Mulai dari paviliun sampai kemah buat menginap. Apalagi diadakan buat makan malam dengan pasangan dalam suasana tepi laut. 

“Untuk candle light dinner misalkan pesan untuk hari minggu, hari sabtu sudah kita setting di pantainya kita siapkan. Ultah perkawinan juga, gathering,” ujar Ruslan pengelola Sunrise, Minggu (28/11/2021).

Termasuk juga  pengunjung yang mengiginkan api unggun ataupun ingin barbeque akan disiapkan pengelola.

“Kita sudah ada spot-spotnya, minta api unggun kita buatkan, semua fasilitas kita siapkan,” katanya.

Dia mengungkapkan, selama ini pengunjung yang menginap di wisata Pantai Tanjung Bayur berasal dari sejumlah daerah di Kaltim, termasuk juga ekspatriat yang bekerja di Kaltim. Rata-rata puas dengan suasana pantai dan alam yang hijau serta fasilitas yang disediakan.

“Disini kita ekspatriat nya juga sudah ada yang datang, ada yang nginap di Vila bule-bule yang kerja disini (Balikpapan), ada yang beristri orang lokal, mereka datang untuk menikmati suasana pantai,” ujarnya.

“Kalau untuk pengunjung Sunrise 70 persen rata-rata luar kota, dari Sangatta, Kutai Barat, Tenggarong dekat-dekat Kaltim. Disini kita menyediakan semuanya, pelayanan jasa, ada kepuasan pengunjung,” terangnya.

Kata dia, konsepnya adalah camping glamour seperti banyak di Pulau Jawa dengan harga yang cukup terjangkau. Untuk camping ada beberapa tipe yang disediakan dengan berbagai fasilitas. Keamanan juga terjamin.

“Ini ada dua tenda tipe berbeda, kayak yang kecil ini kita ada dua tempat tidur sudah pakai cover bed, selimut, kipas angin, ada colokkan, air mineral. Jadi betul-betul menikmati suasana camping tapi sama seperti di rumah,” ujarnya.

Untuk tarif salah satu tempat wisata di Balikpapan ini dimulai dari Rp 550 ribu hingga Rp 750 ribu khusus tenda dengan kapasitas hingga 4 orang.

“Untuk tenda-tenda yang sedang untuk dua orang tapi bisa sebenarnya diisi 4-5 orang. Dapat sarapan juga,” ucapnya.

“Reservasinya gampang tinggal buka instagram kami kemudian disitu ada nomor whatsap bisa langsung menghubungi admin. Jika masih ada yang kosong, tentu bisa memesan,” tuturnya.

Dia menambahkan, sejak Oktober 2020 destinasi wisata dengan konsep menginap di pantai dengan alam hijau. Termasuk tempat camping di Balikpapan.

“Camping glamour di Jawa sejak beberapa tahun lalu sebenarnya sudah rame, di Balikpapan baru mulai ini,” ujarnya.