pic by: instagram/@sadadnst & pic by: instagram/@iwanvanwilan

Suasana pedesaan dengan nuansa hijau di tengah kota besar adalah hal yang sulit ditemukan. Namun masyarakat bagian Indonesia Barat tidak lagi perlu khawatir. Sebab belum lama ini destinasi lokasi agrowisata menarik hadir di Provinsi Sumatera Utara. Dunia Wisata Sumut pun kedatangan lokasi baru yaitu wisata persawahan.

Yah, ini seperti menemukan oase di tengah padang pasir. Keberadaan obyek wisata persawahan ini disambut hangat dan langsung naik daun, dikenal tak lama setelah launching. Agro Wisata Paloh Naga namanya. Lokasinya di Kabupaten Deli Serdang.

Wisata paloh naga tentu saja asyik bila dijadikan tempat rekreasi keluarga. Hamparan sawah hijau dan hembusan angin semilir di pinggiran kota metropolitan begitu memanjakan. Mengusung tagline Culture, Nature, & Simpicity. Cocok buat self healing di tengah padatnya rutinitas kamu.

Agrowisata Paloh Naga mungkin saja masih terdengar asing di telinga. Mendengar kata naga mungkin orang akan membayangkan wisata atau pameran naga dan sejenisnya. Namun Paloh Naga adalah sebuah kawasan persawahan yang terbentang luas kurang lebih 35 hektar.

Wisata Paloh Naga Agrowisata Paloh Naga

pic by: instagram/@zoelfaa.semesta

Nama Paloh Naga sendiri dulunya diambil dari cerita rakyat lokal, tentang paluh berbentuk seekor naga. Atas dasar cerita rakyat inilah tempat tersebut dinamakan Paloh Naga.

Paloh Naga sendiri menawarkan berbagai spot foto instagramable dengan latar persawahan hijau. Belum lagi didukung oleh dekorasi yang dibuat oleh pengelola menambah nilai estetik pada tempat ini.

berkunjung Di pagi hari pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan matahari terbit namun pemandangan akan terasa lebih indah jika pengunjung datang pada sore hari terutama saat matahari sudah menuju ke ufuk barat.

Tak hanya hamparan persawahan, Wisata Sawah Paloh Naga ini juga memiliki beberapa spot foto menarik untuk diabadikan bersama pasangan. Diantaranya adalah jembatan bambu yang berdiri di atas persawahan, gazebo dengan bentuk unik yang biasa digunakan untuk beristirahat usai lelah mengelilingi sawah. 

Aktivitas di Agrowisata Paloh Naga

pic by: instagram/@cindyliana1

Selain menikmati udara yang segar, pengunjung wisatawan yang datang ketempat ini sudah pasti sibuk dengan kamera mereka, cekrek sana, cekrek sini, mencari latar yang pas untuk berfoto dengan latar belakang persawahaan yang hijau nan eksotis.

Anda yang ingin berfoto untuk momen-momen spesial bisa melakukannya di sini. Selain itu, pihak pengelola Agrowisata Paloh Naga juga membuat semacam jembatan yang terbuat dari bambu. Jembatan tersebut membelah area persawahan. Ia dibangun sengaja untuk menjadi spot tracking sekaligus selfie.

Buat kalian yang butuh list pemotretan acara prewed, Wisata Paloh Naga ini mimin rekomendasi buat kalian. Bajat yang murah dan gak jauh. Pasti banyak keuntungannya dari sisi dana. Walaupun hanya persawahaan, mimin jamin deh, tempat ini tidak bakal mengecawakan, namun memuaskan anda. 

Selain itu juga terdapat pojok baca yang berisi buku buku bacaan bagi pengunjung. Tak jarang beberapa orang yang datang tak hanya untuk berfoto ria tetapi juga menghabiskan waktu untuk membaca buku. Terutama pada sore hari saat pemandangan sedang indah-indahnya.

Fasilitas Agrowisata Paloh Naga

pic by: instagram/@roymanik78

Bicara soal fasilitas, agrowisata yang resmi dibuka pada 2019 ini tidak perlu diragukan lagi. Dari pintu masuk, pengunjung sudah disuguhkan oleh berbagai macam aneka dekorasi berbentuk kupu-kupu, rumah, telepon umum, bintang, love, ikan, hingga kincir angin tersebar di seluruh tempat.

Nantinya pengunjung dapat melihat jembatan yang terbuat dari bambu yang terbentang dan menghubungkan spot foto satu dan lainnya. Jembatan bambu ini juga menambah kesan alami khas pedesaan.

Deretan warung jajanan dan minuman pun berjajar rapi di depan pintu masuk atau gapura. Hal ini memudahkan pengunjung apabila ingin membeli makanan ringan, camilan atau sebagainya. Paloh Naga menyediakan kafetaria untuk yang ingin bersantai dengan menyantap makanan khas pesisir Pantai Labu ditemani pemandangan persawahan.

Terdapat juga sanggar seni dimana anda dapat melihat secara langsung hasil kerajinan masyarakat setempat. Beberapa di antaranya dapat dibeli oleh pengunjung untuk dijadikan oleh-oleh. Pihak pengelola juga memberikan semacam edukasi yang mengajak pengunjung untuk belajar tentang menanam padi dan sebagainya. Untuk pengunjung yang gemar memancing, kini pengelola juga telah menyediakan tambak ikan tawar.

Harga Tiket Masuk Agrowisata Paloh Naga

pic by: instagram/@iamraynaldi_

Melihat banyaknya fasilitas yang ditawarkan di Paloh Naga tentu membuat orang bertanya berapa kocek yang harus dikeluarkan untuk dapat menikmati agrowisata yang satu ini. Nah, hanya dengan Rp. 5000 pengunjung dapat menikmati keindahannya. Biaya tersebut pun sudah termasuk untuk parkir.

Letaknya yang dekat dengan Bandara Kuala Namu tentu membuat Paloh Naga dikelilingi oleh banyak penginapan, seperti Thongs’ Inn Hotel dengan jarak 14 km dan tarif mulai dari Rp. 250.000 per malam. Hotel tersebut pun menawarkan pemandangan indah khas pedesaan dengan berbagai fasilitas. Waktu yang ditempuh untuk menuju Paloh Naga hanya memakan waktu sekitar ± 20 menit.

Lokasi Agrowisata Paloh Naga

Penasaran dengan wisata sawah yang satu ini, anda bisa langsung nih berkunjung dan menikmati sajian persawahaan hijau yang eksotis secara langsung. 

Untuk menemukan kawasan agrowisata ini pun tidak terlampau sulit.  Wisata ini berada di Jalan Paloh Naga, Desa Denai Lama, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara, Indonesia.  Berjarak 46 km dari pusat Kota Medan atau memakan waktu sekitar 1,5 jam dengan rute Medan-Tanjung Morawa-Lubuk Pakam-Desa Denai Lama. Selain itu agrowisata ini juga dekat dengan Bandara Kuala Namu. Sekitar 21 km atau hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit.