Foto: Apip Rasel

Di kaki Gunung Rinjani, lebih tepatnya di kecamatan Sikur Lombok Timur NTB, ada desa wisata indah yang wajib dikunjungi oleh pencinta panorama sawah. Namanya Wisata Desa Tetebatu,  pedesaan subur yang terletak pada ketinggian 700 meter di atas permukaan laut dengan hamparan sawah, ladang tembakau, kebun buah, dan padang penggembalaan sapi.


Kangen suasana pedesaan yang sejuk atau ingin ditemani orkestra kodok saat tidur di malam hari? Tetebatu boleh jadi jawabannya. Ada banyak kampung - kampung tradisional di sekitar lumbung pangan milik suku Sasak ini, beberapa adalah penghasil kerajinan ikat dan tembikar. Selain itu, Tetebatu juga memiliki sungai berarus deras, Air Terjun Jukut, dan hutan di Taman Wisata Tetebatu yang menjadi habitat monyet .


Walaupun tergolong kota kecil, sesungguhnya wilayah Tetebatu lumayan luas. Tersedia jalur jalan di utara dan timur, yang dijuluki jalan air terjun. Dan, untuk menikmati Tetebatu jangan lupa nyobain wisata jalan-jalan di sekitar sawah sampai ke Air Terjun.