pic by: instagram/@dinda.nang & pic by: instagram/@setiawanbambang_

Jika ingin menghirup udara segar, maka liburan ke Pemandian Sayum Sabah menjadi opsi yang wajib direkomendasikan. Sebuah desa di seputaran Sembahe yang menawarkan tempat rekreasi ini akan memberikan kesegaran alam tak terhingga.

Desa Sayum Sabah adalah ekowisata populer. Di sini, ada beragam objek wisata pemandian alam terbuka yang bisa kamu jadikan pilihan berlibur. Sebut saja Gantang Rani, Tirta Sanyum Sabah Training Centre hingga sungai Pantai Beta.

Pasti Bakalan seru sih nih mengajak keluarga liburan ke sini. Selain untuk cocok untuk acara retreat, ngumpul bareng komunitas juga pasti menyenangkan.

Lokasi

pic by: instagram/@sayumsabah

Berkunjung di akhir pekan, maupun di masa liburan. Salah satu objek wisata di Sumatera Utara ini siap menyambut anda dengan kesegaran alam yang ditawarkan. Berlokasi di Dusun Bengkurung, Desa Sayum Sabah, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, dengan jarak tempuh perjalanan sekitar 2 jam dari kota medan. Objek wisata ini bisa dijadikan pilihan untuk berlibur.

Untuk menuju ke lokasi ini, anda bisa ambil jalan rute Sembahe saja. Kemudian belok menuju arah Namorambe. Nanti dari pinggiran jalan sudah terlihat lokasinya. 

Untuk mempermudah cara sampai ke lokasi pemandian ini, anda bisa juga menggunakan Google maps yang udahkami lampirkan. Berikut mapsnya. 


Pemandian Alam Sayum Sabah

Sc google: Erwin Japar 

Seperti atmosfer desa pada umumnya, pun Sayum Sabah merupakan perkampungan kecil identik dengan nuansa permai. Di mana, salah satu desa ekowisata Deli Serdang ini seolah dipagari perbukitan dan dialiri pula oleh sungai jernih yang mengalir begitu indah.

Setelah melihat jernihnya air yang mengalir tenang di antara sela-sela bebatuan kecil di sungai itu, kamu pasti tak sabar lagi untuk segera turun ke area pemandian dan bergabung dengan para wisatawan. Iya, saatnya untuk jejeguran!

Suhu airnya sendiri memang ekstra dingin, pas banget untuk menyegarkan tubuh kamu yang tentunya cukup lelah setelah menempuh perjalanan selama 2 jam berkendara. Rasa capek hilang dan otot pun kembali prima setelah berendam di pemandian alam ini.

Buang rasa khawatir, tempat wisata ini cukup tenang dan airnya lumayan dangkal. Atau, sewa saja ban supaya kamu merasa lebih aman. Bagi yang membawa anak-anak, berenang di tepian sungai sudah lebih dari cukup menyenangkan. Tentunya mereka harus tetap dalam pengawasan ya.

Tiket Masuk


Sc google: Tengku Hannifa Husny

Pemandian alam Sayum Sabah ini  merupakan objek wisata di Desa Sayum Sabah yang murah-meriah. Bayangkan saja, setiap pengunjung yang datang tidak akan merogoh biaya terlampau mahal. Cukup sediakan biaya untuk tiket masuk sebesar 5 ribu saja/orang. Kalau mau sewa gazebo gitu, dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 80 ribu.

Sementara itu, bagi pengunjung yang ingin bermalam di lokasi pemandian, tersedia tempat inap yang di bandrol Rp 500 ribu/malam.

Harga tiket yang terjangkau membuat objek wisata alam Sayum Sabah ini sering dibanjiri wisatawan dari berbagai daerah. Apalagi bagi wisatawan yang menyukai petualangan. Ditambah pula, tempatnya sendiri sangat pas untuk rekreasi keluarga.

Fasilitas

Sc google: Tengku Hannifa Husny 

Apabila dibandingkan dengan tempat wisata lainnya di sepanjang jalur lintasan sungai Sembahe, Sayum Sabah memang lebih unggul jika dinilai dari berbagai aspek pariwisata. Selain pemandangan desa yang bagus, fasilitas memadai bisa teman  temukan.

Misalnya gazebo yang harga sewanya terbilang murah, fasilitas ini bisa kamu pakai untuk beristirahat atau membuka bekal makanan. Udara yang bersih dan pepohonan hijau akan menemani kamu selama bersantap.

Standar fasilitas lainnya seperti toilet, tempat parkir yang luas, area out bond, mushola dan kamar mandi sudah tersedia lengkap. Kamu memilih untuk bermalam? ada penginapan berbentuk mess yang dapat disewa pengunjung. Kapasitas penginapan ini sendiri cukup besar, bisa menampung hingga puluhan orang.