Kabupaten Aceh Barat / wikipedia.com
Wisata Kabupaten Aceh Barat - Berbicara wacana Aceh tentu yang akan ada pada ingatan anda ialah peristiwa tsunami Aceh yang dahsyat dan memporak-porandakan daerah ini. Tetapi sekarang Aceh sudah berbenah serta menjadi salah satu wilayah yang indah dan tertata rapi. Aceh memiliki beberapa wilayah bagian salah satunya adalah Aceh Barat.

Dimana Aceh Barat merupakan sebuah Kabupaten yg terletak di Provinsi Nagroe Aceh Darussalam (NAD) yg jua mempunyai ibukota Kabupaten yaitu Kota Meulaboh. Selain itu, Aceh Barat juga artinya sebuah wilayah yg menawan serta letaknya menghadap ke lautan Hindia. Tidak heran bila Tempat Wisata Kabupaten Aceh Barat di dominasi oleh pantai-pantai yang bikin betah.


Lokasi Wisata di Aceh Barat Paling Banyak Dikunjungi

Sama halnya dengan daerah lainnya, Aceh Barat juga memiliki tempat-tempat wisata yang sangat lengkap. Tidak hanya berupa pantai-pantai yang menawan saja. Ternyata Lokasi Wisata di Aceh Barat juga berupa wisata budaya, wisata religi sampai wisata makanan yg tak boleh terlewatkan begitu saja waktu kita berkunjung dan berlibur ke Aceh Barat.

Waktu berada di Aceh Barat dijamin anda akan merasa betah karena kearifan lokal dan keramahan masyarakat Aceh Barat sehingga membentuk anda tidak perlu ragu buat liburan ke Aceh Barat. Untuk anda yg berencana ingin berlibur ke Aceh Barat maka berikut ini kami sajikan daftar kawasan wisata di daerah Kabupaten Aceh Barat yang bisa anda kunjungi. Chek it out....


1. Pantai Lhok Bubon

Pantai Lhok Bubon - Tempat Wisata Keren di Aceh Barat
Pantai Lhok Bubon. wisatanad.wordpress.com

Pantai Lhok Bubon artinya Pantai yg terletak di Desa Bubon, Meulaboh, Aceh Barat. Pantai yang satu ini sangat terkenal dengan keindahannya dan bisa ditempuh sejauh 8 kilometer berasal Kota Meulaboh.

Ketika datang di pantai ini, anda akan dimanjakan oleh pasir putih yang terhampar luas serta air laut yg jernih. Bunyi ombak yg berdebur dipadu dengan semilir angin yang sepoi-sepoi menghasilkan suasana pada pantai ini terasa semakin menyenangkan.

Waktu berkunjung ke Pantai Lhok Bubon jangan sampai ktinggalan buat merasakan makanan lautnya yg poly ditemukan pada tempat ini.

Tidak jarang biasanya wisatawan yg datang ke pantai ini berasal berasal berbagai wilayah yang sengaja datang buat membeli banyak sekali jenis ikan atau menikmati keindahan pemandangan alam pantai.

2. Pantai Batee Puteh

Pantai Batee Puteh - Tempat Wisata Keren di Aceh Barat
Pantai Batee Puteh. ceritanesia.com
Pantai yang satu ini juga merupakan ikon destinasi wisata Aceh Barat yg sudah sangat populer. Pantai Batee Puteh terletak di Desa Suak Ujong Kalak, Aceh Barat yang jaraknya lebih kurang 3 kilometer saja asal Kota Meulaboh.

Keindahan pantai-pantai pada Aceh Barat memang tidak perlu diragukan lagi termasuk Pantai Batee Puteh ini. Dimana pemandangan alam pantai ini selalu membuat takjub menggunakan suasana alam yg sejuk dan berhiaskan pasir putih yg terbentang luas.

Pada saat sore hari datang, umumnya Pantai Batee Pueth ini semakin ramai dikunjungi wisatawan yg ingin bersantai sembari menikmati sunset.

Lokasi Pantai Batee Puteh jua sangat strategis sebagai akibatnya mengakibatkan pantai ini selalu ramai pengunjung. Tidak hanya bisa menikmati pemandangan alam yang indah , pada pantai ini anda mampu berenang serta bermain pasir pantai.

3. Pantai Suak Ribee

Wisata Pantai Suak Ribee memang sangat terkenal dengan kopi terbaliknya yang bisa anda temukan secara mudah pada sepanjang pinggiran Pantai.Berlibur ke Acah Barat cita rasanya kurang lengkap Bila tak mampir ke kawasan wisata pada Aceh Barat yg satu ini. Pantai Suak Ribee artinya namanya yang merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik pada Aceh Barat, lokasi tepatnya ada pada Jl. Iskandar muda, Suak Ribee, Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat,.

Bagi anda yg bertanya-tanya menggunakan estetika pantai Suak Ribee maka silakan saja datang ke pesisir Kota Meulaboh Aceh Barat.

Umumnya wisatawan yang datang ke pantai ini ingin menikmati keindahan pantai sembari minum kopi. Selain terlihat pemandangan pantai yg biru, di pantai ini juga ada ratusan pohon kelapa dan pohon cemara yang ditumbuh rapi pada sepanjang bibir pantai.

Waktu sore hari pemandangan pada pantai ini semakin memukau dengan hiasan sunset yang membuat langit berwarna jingga. Menikmati pemandangan sore pada Pantai Suak Ribee terasa semakin lengkap sembari minum kopi terbalik.

4. Pantai Lanaga

Pantai Lanaga - Tempat Wisata Keren di Aceh Barat
Pantai Lanaga. pontas.id
Kawasan wisata pada Aceh Barat yg selanjutnya yaitu Pantai Lanaga yang terletak pada Desa Bubon, Meulaboh, Aceh Barat. Pantai yang tidak jauh asal Meulaboh ini memang selama pengunjung setiap harinya.

Selain menawarkan pemandangan pantai yg menawan, pantai ini juga mempunyai fasilitas yg sangat menarik untuk wisatawan yaitu adanya fasilitas olahraga air seperti jet ski langit.

Umumnya wisatawan yang tiba ke pantai ini sekedar ingin melihat pemandangan pantai lanaga atau mampu sembari bermain jet ski langit yang sudah sangat terkenal.

5. Pulau Gosong

Pulau Gosong - Tempat Wisata Keren di Aceh Barat
Pulau Gosong. beritagar.id

Pulau yang satu ini adalah pulau yang terbentuk berasal tumpukan pasir yang terbawa oleh arus lalu tertimbun serta menempel di karang.

Buat menuju pulau ini maka wisatawan harus menempuh bepergian asal dermaga Ujong Serangga Susoh menggunakan jeda sekitar 500 meter. Umumnya bepergian ditempuh menggunakan boat selama sekitar 35 mnt.

Sebetulnya luas Pulau Gosong ini hanya sebanyak lapangan bola saja tetapi estetika pulau ini tidak perlu diragukan lagi. Karena pulau ini mempunyai pasir putih yg bersih serta alam bawah lautnya yg memesona.

Bagi anda yang gemar bersnorkeling maka Pulau Gosong adalah pilihan yang sempurna ketika berlibur ke Aceh. Lokasinya terdapat di Sangkalan kecamatan susoh, kabupaten Aceh Barat Daya.

6. Masjid Agung Meulaboh

Masjid Agung Meulaboh - Tempat Wisata Keren di Aceh Barat
Masjid Agung Meulaboh. kumparan.com

Masjid yang satu ini ialah destinasi wisata religi yg cukup populer pada Aceh Barat. Tentunya Masjid Agung Meulaboh ini pula memberikan desain bangunan yang menjulang tinggi serta dihiasi kubah yang menghasilkan siapa saja berdecak kagum.

Bahkan estetika bangunan masjid ini menjadikannya masuk pada jajaran 100 masjid terindah di Indonesia. Bagi anda yg sedang berlibur pada Aceh Barat maka sempatkan mampir ke masjid ini buat berwisata religi sambil beribadah.

7. Pantai Pusong Sangkalan

Pantai Pusong Sangkalan - Tempat Wisata Keren di Aceh Barat
Pantai Pusong Sangkalan. ceritanesia.com

Pantai Pusong Sangkalan artinya galat satu pantai yang banyak dikunjungi wisatawan buat melakukan aktivitas berselancar. Sebab hal tadi tidak heran Bila pantai ini pula acapkali diklaim menjadi pantai Bali.

Bagi anda yg penasaran menggunakan estetika Pantai Pusong Sangkalan maka mampu datang ke Pantai ini yg terletak pada Desa Sangkalan yang berjarak kurang lebih 3 kilometer berasal Kota Blangpidie, Aceh Barat Daya.

8. Danau Genang Gedong

Danau Genang Gedong - Tempat Wisata Keren di Aceh Barat
Danau Genang Gedong. tempatwisata.pro

Tak hanya seputar wisata bahari saja, kawasan wisata pada kawasan Aceh Barat jua meliputi wisata alam berupa danau yg sempurna sangat menarik buat dikunjungi.

Danau Genang Gedong ialah obyek wisata yang berada pada Gampong Putim Kecamatan Kaway XVI Aceh Barat. Danau yang satu ini adalah danau yang mencakup 3 desa dan luasnya lebih kurang 7 hektar.

Umumnya danau ini menjadi destinasi wisata sebab pemandangan alamnya yg asri serta mampu digunakan menjadi lokasi memancing.

9. Pantai Lhok Geudong

Pantai Lhok Geudong - Tempat Wisata Keren di Aceh Barat
Pantai Lhok Geudong. wisataterbaru.net

Pantai Lhok Geudong ialah sebuah pantai yang sangat indah di Meulaboh, Aceh Barat dan menjadi destinasi favorit wisatawan.

Pantai ini menyajikan estetika alam berupa pemandangan hijau disekitar pantai yang sangat memanjakan mata. Selain itu kehidupan para nelayan pada sekitar pantai juga menjadi daya tarik tersendiri yang menghasilkan pemandangan di pantai ini kian memesona.

Meskipun fasilitas yang tersedia masih belum memadai tetapi estetika pantai ini dijamin membentuk siapa saja merasa betah.

10. Pantai Ujong Karang

Pantai indah pada Aceh Barat ini berada pada Ujung Selatan Kota Meulaboh dan menawarkan pemandangan alam yg sangat eksotis.

Saat berada pada pantai ini, anda bisa menyaksikan hamparan pasir putih yang membentang indah serta karang-karang yg menghiasi sekitaran pantai.

Deretan karang dan pantai tadi menjadi sebuah estetika alam yang sangat eksotis pada Aceh Barat. Waktu sore hari datang, jangan sampai lewatkan kesempatan buat menikmati sunset sambil bersantai di pesisir pantai.

Perlu anda ketahui juga bahwa pantai ini juga memiliki sejarah kemerdekaan Indonesia di masa kemudian. Karena ternyata pantai ini dahulu pernah dijadikan sebagai daerah proteksi bagi para penjajah sebagai akibatnya tidak heran Bila pada tempat pantai ini jua terdapat bangunan benteng Jepang.

11. Pantai Kasih

Pantai Kasih - Tempat Wisata Keren di Aceh Barat
Pantai Kasih. jejakpiknik.com

Sepertinya Aceh Barat memang tidak ada habisnya menyajikan wisata pantai yang sangat menawan untuk wisatawan. Termasuk galat satunya adalah pantai Kasih yang begitu memesona.

Mirip pantai di Aceh Barat lainnya, pantai ini menawarkan pemandangan alam yg sangat indah serta dipadu menggunakan pasir putih yg sangat bersih.

Waktu siang hai tampak nyiur yang melambai-lambai sehingga membuat suasana berlibur di Pantai Kasih semakin sempurna.

Lokasi pantai ini terdapat pada Jalan Sudirman, Desa Pasar Aceh, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat. Selain bermain air anda jua mampu menikmati aneka hidangan kuliner mirip mie kepiting, sate gurita, bakpia, dan lain sebagainya.

12. Pantai Batu Putih

Pantai Batu Putih - Tempat Wisata Keren di Aceh Barat
Pantai Batu Putih. wikipedia.org

Pantai yang satu ini berada sekitar tiga kilometer berasal sentra kota sehingga sangat praktis dijangkau. Ketika tiba pada pantai ini, anda akan dimanjakan sang deburan ombak serta hamparan pemandangan alam yg menawan.

Pantai ini juga mempunyai kekhasan berupa adanya batu putih yang letaknya bertebaran di sepanjang pinggir pantai. Tentunya perpaduan tadi sebagai daya tarik yg sangat menawan bagi wisatawan yg tiba.

Bahkan wisatawan yg datang ke pantai ini tidak hanya wisatawan domestik saja tetapi pula wisatawan mancanegara.

Lokasi pantai ini terdapat pada desa Suak Ujong Kalak, kira-kira berjarak tiga km dari kota Meulaboh, Aceh Barat.

13. Pantai Ujung Batee

Pantai Ujong Batee - Tempat Wisata Keren di Aceh Barat
Pantai Ujung Batee. indonesiakaya.com
Pantai Ujung Batee ialah sebuah pantai yang berada pada Ujung Batu dan berjarak lebih kurang 17 kilometer dari Banda Aceh. Umumnya Bila anda akan menuju ke Pelabuhan Malahayati maka akan melewati daerah pantai ini.

Daya tarik Pantai Ujung Batee ini terletak di garis pantainya yg sangat panjang. Pasir di sekitaran pantai ini umumnya berwarna kehitaman serta dianggap sang rakyat setempat mampu digunakan buat menyembuhkan penyakit.

14. Krueng Tutut

Krueng Tutut. seringjalan.com

Krueng Tutut ialah sebuah obyek wisata pada Aceh Barat yang jaraknya kurang lebih 60 kilometer asal Meulaboh. Meskipun jaraknya memang remenawan jauh asal Muelaboh, tetapi obyek wisata ini menunjukkan estetika alam yg tidak perlu diragukan lagi.

Saat berada pada tempat wisata ini anda mampu merasakan perbedaan makna alam yang masih sangat asri dan tebing yang menjulang dihiasi sang air danau yang berwarna kebiruan.

15. Pantai Blang Ulam

Pantai Blang Ulam - Tempat Wisata Keren di Aceh Barat
Pantai Blang Ulam
Pantai yang satu ini merupakan sebuah pantai pada Aceh yg sangat direkomendasikan buat destinasi honeymoon. Karena ketika berada pada pantai ini anda bisa mencicipi suasana yang hening dan tenang.

Selain itu, pantai ini mempunyai pasir yang putih serta air bahari yang biru sebagai akibatnya menjadi deretan yang memanjakan mata.

Lokasi pantai Blang Ulam ini bersebelahan menggunakan Pantai Batee Puteh tetapi pastinya pemandangan Pantai Blang Ulam ini dijamin lebih dagi. Lokasi tepatnya terdapat di Blang Ulam, Kecamatan Masjid Raya, Aceh besar .

16. Pantai Cemara Indah

Satu lagi destinasi wisata pantai di Aceh Barat yang tidak boleh anda lewatkan begitu saja yaitu Pantai Cemara menawan. Pantai yang satu ini ialah pantai yang banyak ditumbuhi sang pohon cemara sehingga menyajikan suasana alam yang sejuk meskipun berada di kawasan pantai.

Waktu akhir pekan atau hari libur tiba, pantai ini selalu ramai dikunjungi sang wisatawan. Selain itu pantai ini pula sangat cocok dijadikan menjadi kawasan wisata keluarga.

Meskipun begitu pantai Cemara indah ini masih dalam termin pengembangan dan pembangunan. Dimana nantinya di pantai ini akan tersedia berbagai fasilitas yang lengkap buat wisatawan mulai dari sarana air bersih, warung makan, daerah bermain anak, bangku taman, lapangan olahraga, dan lain sebagainya.

Lokasi pantai ini ada pada Gosong Telaga, Kecamatan Singkil Utara, Aceh Singkil.

17. Makam Pahlawan Nasional Teuku Umar

Makam Pahlawan Nasional Teuku Umar - Tempat Wisata Keren di Aceh Barat
Makam Pahlawan Nasional Teuku Umar. acehimage.com

Aceh Barat tidak hanya memperlihatkan destinasi wisata alam saja namun pula wisata sejarah. Galat satu destinasi wisata sejarah yg sangat terkenal artinya Makam Pahlawan Nasional Teuku Umar.

Dimana lokasi makam pahlawan ini terletak pada Desa Meugo Rayeuk, Aceh Barat. Selain ada makam pahlawan Nasional Teuku Umar, di kawasan ini ada hutan lindung dengan pohon akbar yg mampu mengeluarkan air tanpa henti.

Bahkan air yang keluar dari pohon tersebut pula bisa diminum sang pengunjung. Tidak heran Jika banyak wisatawan yang datang ke obyek wisata ini mulai asal wisatawan domestik sampai mancanegara.

Suasana pada makam pahlawan Nasional Teuku Umar ini dijamin aman, sejuk dan nyaman sebagai akibatnya akan membentuk siapa saja merasa betah.

18. Pantai Jilbab

Pantai Jilbab - Tempat Wisata Keren di Aceh Barat
Pantai Jilbab. wesata.id
Nama pantai yang satu ini memang sangatlah unik dan sempurna membentuk bertanya-tanya siapa saja. Pantai jilbab ialah sebuah nama pantai yg diambil sesuai syariat Islam dimana bagi pengunjung perempuan di pantai ini maka diwajibkan buat berjilbab atau berkerudung.

Pantai yg terletak di Gampong Keude Susoh Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya ini memang pantai yang sangat indah . Sebab lokasinya yang menunjukkan hamparan lautan Hindia serta hidangan Pulau Gosong yg begitu memesona.

19. Pantai Lhok Keutapang

Pantai Lhok Keutapang - Tempat Wisata Keren di Aceh Barat
Pantai Lhok Keutapang. disparpora.acehbesarkab.go.id
Bagi anda pencinta sunset maka jangan hingga lewatkan berkunjung ke Pantai Lhok Keutapang ini. Sebab pantai yang satu ini memberikan estetika sunset serta suasana pantai yg sangat romantis sehingga sangat cocok buat destinasi berlibur bersama pasangan.

Pantai ini pula memperlihatkan pasir putih yang halus, ombak yg damai serta udara yg sejuk sebagai akibatnya akan membentuk betah. Tentunya pantai ini juga sangat cocok dikunjungi beserta keluarga ketika akhir pekan.

Satu hal yang menarik dari Pantai Lhok Ketaupang ini ialah tiket masuknya yg gratis sangat cocok buat pilihan liburan murah. Lokasi pantai ini terdapat pada kecamatan Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar

20. Taman Laut Ujung Manggeng

Taman LAut Ujong Manggeng - Tempat Wisata Keren di Aceh Barat
Taman Laut Ujung Manggeng
Obyek wisata yg satu ini menunjukkan taman wisata yg terawat dengan baik sebagai akibatnya sangat bersih dan terjaga. Buat memasuki taman ini, wisatawan hanya perlu membayar tiket masuk dengan harga yg sangat murah.

Selain itu, ketika memasuki daerah taman ini maka akan terlihat pepohonan yang rindang dan eksklusif berhadapan menggunakan hamparan pantai yg sangat indah .

Lokasi pantai ini ada pada Desa Ujung Raja Kecamatan Blangpidie Aceh Barat Daya

21. Pantai Ujong Manggeng

Pantai yang satu ini ialah galat satu pantai andalan di Desa Sejahtera, Kecamatan Manggeng, Kabupaten Aceh Barat Daya. Sebab pantai ini menunjukkan pemandangan yg sangat indah dan masih terasa asri.

Tak heran Bila Pantai Ujung Manggeng ini jua sebagai salah satu primadona wisata pada Abdya. Pantai Ujung Manggeng mempunyai pasir yang berwarna keabu-abuan dan terlihat begitu harmonis menggunakan pohon-pohon cemara yang tumbuh di pesisir pantai.

Ada jua pohon kelapa dan rerumputan hijau yg menambah keasrian pada pantai ini. Saat berada pada pantai Ujung Manggeng maka jangan sampai lewatkan kesempatan buat menikmati hembusan angin bahari yang terasa sejuk serta nyaman.

Buat menuju ke Pantai Ujung Manggeng ini, anda harus menempuh perjalanan sejauh 10 kilometer asal ibukota kecamatan Manggeng.

Tetapi tak perlu risi sebab kondisi jalan menuju pantai ini sangatlah mulus sebagai akibatnya bepergian anda dijamin nyaman.

22. Pemandian Krueng Baru

Pemandian Krueng Baru - Tempat Wisata Keren di Aceh Barat
Pemandian Krueng Baru. pesonaalamaceh2000.wordpress.com

Pada Aceh Barat ada pemandian yg terletak di Kecamatan Lembah Sabil yang memperlihatkan pemandian air sungai yg jernih.

Tetapi lokasi pemandian ini berada di area terbuka sehingga menghasilkan wisatawan tidak sahih-benar mandi namun hanya duduk pada bebatuan sembari bermain air.

Air sungai yang jernih dipadu menggunakan pemandangan alam lebih kurang yang asri tentu akan menjadi perpaduan nuansa alam yang cocok untuk melepas penat. Lokasi objek wisata ini terdapat di Pucok Kreung, Lhoknga, Aceh besar.

23. Pemandian Putroe Ijoe

Pemandian Putroe Ijoe - Tempat Wisata Keren di Aceh Barat
Pemandian Putroe Ijoe. acehtrend.com

Bagi anda yang ingin menyaksikan air terjun sembari bermain air maupun berendam maka silakan datang ke obyek wisata Pemandian Putroe Ijoe.

Saat berkunjung ke pemandian ini, anda tidak akan dikenakan biaya masuk alias gratis. Meskipun begitu wisatawan diperbolehkan bermain air sepuasnya hingga sore.

Tentunya pemandian ini menunjukkan pemandangan alam yg masih sangat alami dan dipadu menggunakan bebatuan besar yg terdapat pada beberapa titik di pemandian. Lokasinya terdapat di Jl. Aneuk Laot, Balohan, Sukakarya, Kota Sabang.

24. Gua Seumancang Kuta Tinggi

Gua Seumancang Kuta Tinggi - Tempat Wisata Keren di Aceh Barat
Gua Seumancang Kuta Tinggi. andalastourism.com

Aceh Barat ternyata pula memiliki obyek wisata goa yaitu Gua Seumancang Kota Tinggi. Goa yang satu ini memang berada di lokasi yang remenawan sulit diakses sebab akses jalan yg masih sulit.

Buat memudahkan perjalanan menuju Gua Seumancang ini sebaiknya mintalah untuk ditemani pemandu lokal. Saat datang di gua ini maka anda mampu menyaksikan estetika gua yg masih alami.

Di dalam gua ada hiasan stalagtit serta stalagmit yg sangat unik dan bisa mengakibatkan bunyi ketika diketuk. Tentunya wisata gua yang satu ini sangat cocok buat anda yang senang dengan tantangan.

Lokasi goa ini terdapat pada Desa Babah Lhueng, Kecamatan Blangpidie, Aceh Barat Daya.

25. Perkebunan Sawit Babahrot

Perkebunan Saeit Bahbarot - Tempat Wisata Keren di Aceh Barat
Perkebunan Sawit Babahrot. festivaljalanjalan.com

Obyek wisata yg satu ini menjadi penyumbang devisa terbesar buat Aceh sebab yang akan terjadi perkebunan ini yang sangat melimpah.

Tak heran Jika beberapa saat kemudian perkebunan kelapa sawit ini sempat mencuri perhatian sebab memberikan honor yang sangat akbar bagi karyawannya.

Namun buat wisatawan yg ingin berkunjung ke kebun kelapa sawit ini tidak perlu membayar tiket masuk. Bahkan pengunjung jua mampu melihat secara pribadi proses pengolahan sawit sampai pada ekspor ke luar negeri.

Lokasinya ada pada Lhok Gayo, Kecamatan Babahrot, Aceh Barat Daya.

26. Krueng Babahrot

Krueng Bahbarot - Tempat Wisata Keren di Aceh Barat
Krueng Babahrot. FredoGraphy

Obyek wisata yang satu ini memperlihatkan Sungai yg menawan dan memanjang mengalir dari pegunungan hijau. Sehingga air berasal aliran sungai ini memang begitu higienis dan terasa sejuk.

Air sungai tadi kemudian mengalir serta melintasi jembatan panjang krueng babahrot. Tentunya pemandangan pada obyek wisata Krueng Babahrot ini sangatlah indah dan memesona dengan hidangan alam yang masih sangat asri.

Luas Krueng Babahrot ini kurang lebih 8,lima hektar serta telah dilengkapi menggunakan fasilitas yg cukup lengkap mulai berasal rumah makan, kantin dan aneka macam fasilitas penunjang lainnya.

Lokasi Krueng Babahrot yg terletak diantara Gampong Pante rakyat dan Gampong Pante Cermin, Kecamatan Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya)

27. Pucok Krung Ale

Pucok Krueng Ale - Tempat Wisata Keren di Aceh Barat
Pucok Krung Ale. tribunnews.com

Kabupaten Aceh Barat pula mempunyai kawasan wisata yang bernuansa pegunungan yang terletak pada Gampong Alue Seulaseh, Jeumpa pun, Aceh Barat.

Umumnya wisatawan yg datang ke obyek wisata ini jua asal dari aneka macam wilayah selain asal Aceh Barat. Pada Pucok Krung Ale ini wisatawan bisa bersantai pada bawah pohon yg rindang sembari melihat pemandangan sungai.

Tidak sporadis poly pengunjung yg mandi pada sungai sebab air sungainya yg higienis serta terdapat bebatuan yang membentuk seperti kolam. Keindahan Pucok Krung Ale ini memang bisa menjadi magnet bagi wisatawan terutama waktu hari libur tiba.

Lokasi kawasan rekreasi ini terdapat di Lhoknga, Aceh besar .

28. Pantai Ujung Serangga / Kuala Kutang

Pada sekitaran pantai sudah tersedia fasilitas yang cukPantai Kuala Kutang merupakan sebuah pantai yang berada pada Desa Ujung Serangga. Pantai ini memberikan pemandangan alam yg memesona serta dipadu dengan aktivitas nelayan sekitar yang menambah perbedaan makna pantai yg semakin kental.

up lengkap mulai berasal tempat tinggal makan hingga café-café yang berjajar pada sepanjang jalan.

Lokasi pantai ini ada di Ujung Serangga, Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya)

29. Tugu Batei Puteh

Tugu Batee Puteh - Tempat Wisata Keren di Aceh Barat
Tugu Batee Puteh. bairuindra.com

Tugu yg satu ini berada di samping Suak Ujong Kalak atau Pasir Putih yg dibangun pertama kali oleh Belanda.

Pembangunan tugu ini bertujuan buat menandai lokasi tertembaknya Teuku Umar meskipun jasadnya belum ditemukan hingga Indonesia Merdeka.

Nama Tugu Batei Puteh ini berdasarkan di bentuk awal yg dibangun Belanda yang berwarna putih. Namun sebab terkena banjir sampai tsunami beberapa waktu kemudian maka bangunan ini akhirnya bergeser di tengah laut.

Letak tugu ini sekarang berada pada lurus sekitar 200 meter berasal tugu Kupiah Meukuetop yg telah dibangun sesudah terjadinya tsunami.

Sedangkan buat Tugu Kupiah Meukeutop ini ialah letak bekas bangunan tugu Parasanya Purna Karya menjadi tugu Adi Pura yang sudah diperoleh Aceh Barat waktu masa pemerintahan Bupati Teuku Rusman.

30. Tugu Perjuangan Tuengku Peukan

Tugu Perjuangan Teungku - Tempat Wisata Keren di Aceh Barat
Tugu Perjuangan Tuengku Peukan. acehplanet.com

Tempat wisata sejarah yang satu ini mempunyai kisah sejarah yg remenawan menarik untuk disimak. Tugu perjuangan Tengku Pekan ialah sebuah tugu yg dibangun buat mengenang Tengku Peukan yang telah mangkat di tanggal 11 September 1926.

Tewasnya Tengku Peukan ini terjadi ketika penyerangan ke Bivak atau Tangse Belanda yang kala itu terjadi pada Blangpidie. Perlu anda ketahui bahwa Tengku Peukan adalah seorang ulama yang sangat berperangaruh sekaligus pejuang kemerdekaan yg pantang menyerah.

31. Air Terjun Gampong Pungkie

Air Terjun Gampong Pungkie - Tempat Wisata Keren di Aceh Barat
Air Terjun Gampong Pungkie. basajan.net
Aceh Barat memang tiada habisnya menunjukkan wisata alam termasuk keliru satunya artinya Air Terjun Gampong Pungkie. Obyek wisata alam yang satu ini terletak pada Kecamatan Sungai Mas, Aceh Barat.

Waktu berada pada air terjun ini, anda bisa menikmati air terjun yang sangat menawan serta dibalut menggunakan udara sejuk yang terasa sangat alami. Tentunya keindahan air terjun yang satu ini bagaikan surga yg tersembunyi.

Buat menuju ke lokasi air terjun, wisatawan memang harus berjalan kaki terlebih dahulu melewati hutan yg jaraknya lebih kurang 300 meter.

Namun rasa lelah pada perjalanan akan terbayarkan menggunakan keindahan air terjun yang remenawan deras. Selain itu air yg jatuh berasal air terjun ini juga terasa sejuk dan dingin sehingga akan menyampaikan pengalaman yg berkesan.

32. Danau Geunang Geudong

Danau Geunang Geudong - Air Terjun Gampong Pungkie - Tempat Wisata Keren di Aceh Barat
Danau Geunang Geudong. wisatakita.com

Daerah wisata pada Aceh Barat berikutnya merupakan Danau Geunang Geudong yg masih tergolong baru. Objek wisata alam ini terletak di Desa Putim, Kecamatan Kaway XVI yang jaraknya sekitar 20 km berasal sentra Kota Meulaboh.

Pada bahasa Aceh, Geunang Geudong berarti “Genangan Air yg besar ” dan nama asal danau ini memang mendeskripsikan bentuk danau yg menyerupai cekungan raksasa.

33. Lebok Pineu

Lebok Pineu - Tempat Wisata Keren di Aceh Barat
Lebok Pineu. andalastourism.com

Alamat: Desa Tanoh Mirah, Aceh Barat

------------------------------

Nah, itulah tadi beberapa isu mengenai pesona estetika daerah wisata pada Aceh Barat yg mampu menjadi referensi ketika berlibur ke Aceh Barat. Bagi anda yg ingin mencicipi sensasi berwisata yang seru terutama wisata laut yang memukau maka silakan kunjungi Aceh Barat saja.

Selain memperlihatkan daerah wisata yang menarik, berlibur ke Aceh Barat dijamin tidak menguras kantong sebagai akibatnya anda mampu mengajak orang-orang tercinta.