pic by: instagram/@alvie_syahri

Air Terjun Tonduhan - Simalungun menjadi tempat tujuan para pengunjung untuk sekedar berwisata sembari menikmati udaranya yang terasa sejuk. Dari sekian banyaknya tempat wisata, Simalungun tentu udah gak asing dengan namanya objek wisata pemandian alam. Banyak akan kamu temui berupa pemandian alam yang memili daya tarik tersendiri, yang membuat wisatawan pingin datang lagi untuk piknik ke tempat pemandian alam tersebut. Salah satunya Air Terjun Tonduhan.

Lokasi Air Terjun Tonduhan

pic by: instagram/@darmansyahrizky

Liburan ke Simalungun, Sumut jangan lupa mengunjungi Air Terjun Tonduhan. Air terjun cantik ini cocok untuk liburan segar dan basah-basahan di Simalungun.

Tertarik kesini ?, Untuk kamu yang ingin berpetualang ke air terjun ini. Objek wisata ini dapat kamu temui di Buntu Kode, Saribu Asih, Hatonduhan, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. 

Lokasinya  berada di antara perkebunan sawit milik PTPN IV. Lingkungan di sekitar air terjun ini masih terhitung asri karena lokasinya ada di daerah pelosok. Di sini, anda bisa bermain air sepuasnya; berenang atau sekadar membasahi kaki dan tangan.


Daya Tarik Wisata Air Terjun Tonduhan

pic by: instagram/@diki_ae07

Air Terjun Tonduhan ini terlihat mirip dengan Air Terjun Sipiso-Piso yang ada di Tanah Karo, karena kita bisa melihat air terjun ini dari atas parkiran seperti di Sipiso-Piso. Namun bagi yang ingin melihat air terjun ini secara lebih dekat, pihak pengelola telah menyediakan tangga dari parkiran menuju dasar air terjun.

Tempat wisata terinda di Saribu Asih ini memang sudah terkenal di kalangan masyarakat, Baik lokal maupun non lokal. Air Terjun yang dengan ketinggian 80 meter ini masih saja selalu membius mata wisatawan yang datang berkunjung ke tempat ini. Jadi tak perlu heran, objek wisata alam berupa air terjun ini sangat diminati oleh para wisatawan.

Di puncak air terjunnya juga ada sebuah batu besar yang menonjol. Akibatnya jatuhan air terjunnya terbagi menjadi dua. Mirip-mirip air terjun kembar deh jadinya. Memang keren kali salah satu tempat wisata di Sumut ini ya.

pic by: instagram/@riki_dika

Di bawah jatuhan air terjunnya juga terbentuk sebuah kolam yang cukup luas dan dalam. Airnya dingin dan segar, tapikami saranin jangan berenang kalau anda belum mahir, karena kolamnya dalam, debit airnya besar dan harusnya cukup deras. Tapi jika anda mahir dalam berenang, pengunjung bisa berenang di kolam alami tersebut. Namun harus tetap berhati-hati dan jaga keselamatan meski ada penjaga yang siap membantu jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Tonduhan

pic by: instagram/@yemimahasibuan

Harga tiket masuk ke objek wisata Air Terjun Tonduhan sangatlah terjangkau, karena pihak pengelola cukup memungut uang parkir sebesar Rp. 5000,- / motor. sudah termasuk biaya retribusi memasuki air terjun Tonduhan Siantar ini. Biaya masuk yang murah bukan?

Lokasi Air Terjun Tonduhan

pic by: instagram/@yemimahasibuan

Air Terjun Tonduhan ini Berjarak 33 km dari kota Pematang Siantar (waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan) atau 2,6 km dari kantor desa Tonduhan.  Dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi roda dua atau empat dan umum.  Kondisi jalan menuju kesana sebagian beraspal baik akan tetapi sekitar 1300 m belum beraspal.  Dari areal parkir perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menuruni anak tangga semen sekitar 150 mrter menuju lokasi air terjun berada.