ROG Ally, Menjanjikan Pengalaman Bermain yang Menyenangkan


Di antara beberapa konsol handheld terbaru yang masuk ke Indonesia ROG Ally, cukup banyak menarik perhatian. Pasalnya, game konsol yang satu ini memiliki performa gaming yang sangat mumpuni lengkap dengan tampilannya yang menarik.

Dengan kesan bermain sepenuhnya mirip PC lengkap, ASUS ROG Ally hanya ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau. Tentu pesona yang memukau dengan spesifikasi lengkap ini banyak menarik minat penggemar game.

Tapi sebelum membeli ROG Ally, pastikan Anda mengetahui seluk beluk kelengkapannya agar memiliki gambaran. Berikut ulasan mengenai spesifikasi dan berbagai kelebihan ROG Ally yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda.


Spesifikasi ASUS ROG Ally

  • Operating System: Windows 11
  • CPU: AMD Ryzen Z1 Extreme Processor (Arsitektur “Zen4”, 4nm, 8 core 16-threads, 24MB total cache, up to 5.10 Ghz boost)
  • GPU: AMD Radeon Graphics (AMD RDNA 3, 12 CUs, up to 2,7 GHz, up to 8,6 Teraflops)
  • Display: 7 inch (1920 x 1080) 16:9, IPS-level glossy
  • Screen: Gorilla Glass DXC, Gorilla Glass Victus, Touch Screen (10-point multi-touch)
  • Memory: 16GB LPDDR5 on board (6400MT/s dual channel)
  • Storage: 512GB PCIe 4.0 NVMe M.2 SSD (2230)
  • Network and Communication: Wi-Fi 6E (802.11ax) (Triple Band) 2*2 + Bluetooth 5.2
  • Battery: 40WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
  • Power Supply: TYPE-C, 65W AC Adapter, Output: 20V DC, 3,25A, 65W, Input: 100-240V AC 50/60Hz universal
  • Security: Built-in Fingerprint Sensor, Microsoft Pluton security processor


Kelebihan ASUS ROG Ally

Bodi Nyaman Digenggam

Seperti layaknya keyboard dan mouse pada PC yang digunakan khusus untuk gaming, game konsol juga demikian. Anda harus memilih game konsol yang nyaman digenggam agar tidak mengganggu selama mengikuti pertandingan.

ROG Ally hadir dengan desain perangkat yang unik tapi tetap nyaman digenggam. Tampilannya yang keren dengan bobotnya yang pas membuat pengguna bisa menikmati aneka permainan.

Tidak hanya itu, gamepad pada ROG Ally telah mengadopsi layout controller Xbox, sehingga sudah familiar bagi sebagian besar gamer PC. Penempatan setiap tombol terasa pas dan mudah dijangkau dengan beberapa shortcut seperti untuk mengakses Armoury Crate dan Command Center.


Memiliki Performa Prima

Tak hanya dari segi tampilan, ROG Ally juga menjamin penggunanya untuk menikmati performa yang prima. Berbekal prosesor AMD Ryzen Z1 Extreme (Zen 4, 8-core 16-threads, 24MB total cache) dan GPU RDNA 3, ROG Ally benar-benar memanjakan penggunanya.

Apalagi ditambah dengan RAM 16 GB LPDDR5 dan SSD NVMe M.2 Gen 4 512GB, ROG Ally mampu memberikan performa gaming yang lengkap. Beberapa game kelas berat seperti Street Fighter 6, FIFA 23, dan Genshin Impact bisa Anda mainkan tanpa kendala dengan menggunakan ROG Ally.

Performa ROG Ally ini juga didukung dengan sistem operasi Windows 11 yang membuat penggunanya merasakan berbagai fungsi layaknya PC gaming. Anda bisa melakukan aneka aktivitas lain di luar bermain game seperti bekerja hingga untuk mengedit foto maupun video.


Aneka Fitur Lengkap

ROG Ally memang memiliki fitur yang sangat lengkap sehingga pengguna bisa menikmati game yang dijalankan secara lebih nyata. Audionya dilengkapi oleh AI noise-canceling technology sekaligus telah mengantongi sertifikasi Hi-Res. 

Ditambah lagi dengan Built-in array microphone dan 2-speaker system dengan Smart Amplifier technology akan membangkitkan sensasi bermain Anda. Sementara itu, untuk layarnya ROG Ally memiliki layar sentuh IPS 7 inci dengan resolusi Full HD.

Anda akan betah berlama-lama melihat layar ROG Allu yang memiliki refresh rate hingga 120Hz ini.  Layar ini juga mendukung AMD FreeSync Premium, serta mempunyai tingkat kecerahan hingga 500 nits dan 100% sRGB.


Dilengkapi Sistem Pendingin

Anda mungkin punya masa dimana sudah meluangkan banyak waktu khusus untuk bermain game. Tapi seringkali terkendala dengan perangkat atau game konsol yang mudah panas sehingga menjadi cukup sulit dikendalikan. Namun kini Anda tidak perlu khawatir sebab ROG Ally telah hadir dengan dilengkapi sistem pendingin.

ROG Ally mengandalkan sistem pendingin bernama ROG Zero Gravity Thermal System yang menjamin agar performa game konsol ini dapat tetap stabil. Teknologinya menggunakan dua kipas dan mampu memberikan kinerja pendinginan yang optimal.

Bahkan ketika perangkatnya digunakan di berbagai posisi dan orientasi, sistem pendinginnya mampu mengimbangi dengan baik. Dengan demikian, Anda bisa berlama-lama menikmati waktu bermain game yang telah Anda luangkan ini.


Demikian ulasan lengkap mengenai ROG Ally yang dapat membantu Anda sebagai bahan referensi sebelum memilikinya. Untuk memiliki game konsol ini, Anda hanya perlu merogoh kocek mulai dari Rp9,5 hingga Rp11 jutaan saja tergantung dengan jenis prosesor.