Makna dan Arti Gorga Batak, Corak Motif Kebanggaan Suku Batak

Camping.my.id -  Seperti biasanya, kali kita akan membahas budaya, bisa dibilang kami akan memberikan info akan corak motif Gorga. Kami sebagai penganut suku batak sendiri,kami sangat minim akan informasi Motif Gorga kebanggaan Suku Batak ini. Tapi setelah kami telusuri,kami akan memberikan info ini kepada teman-teman sekalian.

Gorga batak merupakan salah satu kesenian yang dimiliki oleh masyarakat batak. Motif Gorga ini akan biasanya kita temukan pada bagian luar rumah adat Batak Toba dan alat kesenian lainnya, Seperti gendang, serunai, kecapi, dsb.

Gorga dapat disebut sebagai corak atau motif yang tidak hanya dipahat/diukir tetapi juga bisa dilukis, dan pada umumnya Gorga Batak hanya menggunakan tiga warna cat, yaitu merah, hitam, dan putih. Tiga macam warna ini disebut tiga bolit.

Makna dan Arti Gorga Batak, Corak Motif Kebanggaan Suku Batak

Gorga sendiri terbagi menjadi beberapa nama menurut bentuknya, yang diantaranya sebagai berikut, 

  1. Gorga Ipon-Ipon Gorga berbentuk Gigi
  2. Gorga Sitompi Gorga berbentuk perkakas Petani yang disangkutkan dileher kerbau.
  3. Gorga Simataniari Gorga yang menggambarkan matahari 
  4. Gorga Desa Naualu Gorga ini menggambarkan gambar mata angin yang ditambah hiasan-hiasannya 
  5. Gorga Si Marogungogung Gorga yang berbentuk gong 
  6. Gorga Singa-Singa: Gorga yang menggambarkan Raja Hutan, kuat, jago, kokoh, mampu, dan berwibawa.
  7. Gorga Jorgom: atau ada pula menyebutnya Gorga Ulu Singa.
  8. Gorga Boras Pati Gorga yang berbentuk sejenis mahluk yang menyerupai kadal atau cecak. 
  9. Gorga Adop Gorga berbentuk buah dada 
  10. Gorga Ulu Paung, Ulu Paung terdapat di puncak rumah Gorga Batak. Tanpa Ulu Paung rumah Gorga Batak menjadi kurang gagah.

Bahan-bahan untuk pembuatan Gorga ini biasanya kayu lunak yang mudah dikorek atau dipahat. Biasanya nenek-nenek orang Batak memilih kayu ungil atau bisa juga disebut kayu ingul. Kayu Ungil ini mempunyai sifat tertentu yaitu tahan terhadap sinar matahari langsung, begitu juga terhadap terpaan air hujan, yang berarti tidak cepat rusak atau lapuk akibat kena sengatan terik matahari dan terpaan air hujan.

Kamu yang pastinya lagi berkunjung ke danau toba, pasti teman-teman bakal gak asing dengan motif tersebut. Nah itu dia Sekilas info menarik yang kami berikan kepada kalian semua. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua... Horas.....